Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Casis tamtama gelombang I Tahun 2020 jalani tes kesamaptaan jasmani

Kamis, 12 Maret 2020 | 17:33 WIB Last Updated 2020-03-13T00:33:15Z
P.Siantar Delinews.tv - 12/03/2020

Sebanyak 101 calon Tamtama gelombang pertama tahun 2020 Panitia Daerah (Panda) Ajenrem 022/Pantai Timur, menjalani seleksi kesamaptaan jasmani (Samapta) yang diselenggarakan oleh seksi Pembinaan Jasmani dan Kemiliteran (Binjasmil), dilaksanakan di Lapangan Makorem 022/Pantai Timur Jalan Asahan Km. 3,5 Nagori Siantar State, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (11/03/2020).

Kajasrem 022/Pantai Timur Kapten Inf Yudi Candra Gurning ketika menyampaikan arahan kepada para calon siswa (Casis) Tamtama yang akan melaksanakan tes samapta, mengingatkan para casis agar melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri. “Hasil tes samapta saat ini akan menentukan kalian lanjut tes untuk tahap berikutnya, untuk itu silahkan jalani tes dan berikan hasil yang terbaik, namun tetap memperhatikan kondisi keamanan dan keselamatan diri kalian, karena yang tahu kemampuan dan kondisi kemampuan dirimu adalah kalian sendiri,” jelas Kapten Inf Yudi Candra Gurning.

Lebih lanjut Kajasrem mengingatkan kepada para Casis agar tidak memaksakan diri apabila merasa tidak mampu untuk diteruskan. “Jangan hanya karena ingin memberikan hasil maksimal sesuai standar kelulusan lalu memaksakan diri padahal kondisi diri tidak memungkinkan karena akan membahayakan diri sendiri. Kita doakan bersama agar selama mengikuti tes Samapta ini semua dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.

Samapta ini meliputi tes kesegaran jasmani A dan B. “Tes kesegaran jasmani A berupa aerobik lari 12 menit, tujuannya untuk mengukur daya tahan dan kekuatan casis, sedangkan untuk kesegaran jasmani B, ada empat item yang setiap itemnya dilaksanakan selama 1 menit, terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run (lari angka 8),” terang Kajasrem.

Selain Samapta A dan B, lanjutnya, masih ada tes selanjutnya yaitu tes ketangkasan berenang, dan yang terakhir adalah tes postur”, pungkas Kapten Inf Yudi Candra Gurning. Sebelum pelaksanaan seleksi, seluruh calon tamtama melaksanakan tensi untuk mengukur tekanan darah oleh tim kesehatan dari Rumah Sakit Tentara (RST).(DNtveSS-TRY)
×
Berita Terbaru Update