Potensi kerugian PTPN.4. Areal HGU Kebun Bah Jambi dijadikan kolam ikan. -->

Potensi kerugian PTPN.4. Areal HGU Kebun Bah Jambi dijadikan kolam ikan.

Kamis, 12 Maret 2020, 23:43 WIB
Oleh Redaksi


Reporter : Kardo

Simalungun - Perkebunan sawit milik BUMN PTPN.4 kebun Bah Jambi diduga disalahgunakan pemamfaatannya dan tidak sesuai peruntukan Hak Guna Usaha yang diberikan dan diterbitkan BPN.

Dari hasil pantauan team Simalungundelinewstv.com, di areal afd. 9 berbatas afd.3 terdapat kolam ikan yang di duga di bangun oleh salah Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun Berinisial IP. Bahkan beredar informasi pembangunan kolam ikan tersebut ada melibatkan orang dalam Perkebunan PTPN.4 Bah Jambi.

Menurut seorang warga marga Sinaga, Kamis (11/3/2020) sekira jam 10.00 wib, kolam ikan itu berada di areal HGU kebun Bah Jambi. Dan sepengetahuan warga kolam itu tidak ada izin.

Lanjut Sinaga, lahan milik PTPN IV  itu di buat kolam bermula dari adanya orang dalam yang diduga ada perjanjian antara si pengusaha dengan pihak kebun.  "Kita aja heran lae, tiba-tiba langsung ada kolam ikan disitu. Kuat dugaan ada orang dalam yang back-up ini makanya lancar sampai hari ini," ujar Sinaga.

Karena kawasan itu masuk areal Hak Guna Usaha (HGU) pihaknya pun berharap kepada manejer kebun bahjambi dapat segera menutup usaha tersebut,”Apa dasar kebun membuat izinnya ini kalau pun ada, ini adalah HGU tempat untuk pemeliharaan, perawatan dan pembesaran kepala sawit bukan untuk bisnis, oleh karena itu kita mengharapkan lahan tersebut dapat segera di kembalikan seperti semula," katanya mengakhiri.

Sementara itu, menanggapi adanya isu tersebut Manajer Kebun Bahjambi Edi Herianto ketika dimintai komentarnya melaui via watshapp sekira jam 13.00 wib mengatakan persoalan tersebut masih dalam proses mau dihentikan

"Lagi proses mau dihentikan itu bg, Untuk lebih jelasnya  koordinasi Aja dengan Askep A dan B. Terimaksih," tutupnya dengan singkat.

Seperti diketahui, PTPN.4 Unit kebun Bah Jambi merupakan salah satu basis unit usaha dengan komediti sawit. Diharapkan dengan penggunaan areal yang di berikan hak usaha dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk perolehan laba perusahaan BUMN Perkebunan. Tetapi sangat disayangkan, dengan adanya penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukan, dapat di pastikan hal ini membawa dampak kerugian bagi PTPN.4


(Kardo)

TerPopuler