Walikota Pematangsiantar Dukung Bank Indonesia Sosialisasi QRIS -->

Walikota Pematangsiantar Dukung Bank Indonesia Sosialisasi QRIS

Sabtu, 14 Maret 2020, 18:53 WIB
Oleh Redaksi

Reporter : Kardo

P.Siantar  - Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM sangat mendukung edukasi dan sosialisasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang digelar Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar. Hal tersebut disampaikan Hefriansyah saat membuka Pekan QRIS Nasional Tahun 2020, di Kedai Kopi Sutomo, Jalan Surabaya, Sabtu (14/3/2020).

Di awal sambutannya, Hefriansyah mengucapkan terima kasih kepada KPw BI Pematangsiantar yang melaksanakan acara Pekan QRIS Nasional Tahun 2020. QRIS, kata Hefriansyah, mungkin  sebagian baru tahu atau sudah biasa dan sudah memanfaatkannya.

"QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi yang dilakukan lebih mudah, cepat, serta terjaga keamanannya," sebutnya.

Dilanjutkan Hefriansyah, pembayaran barang dan jasa oleh masyarakat Indonesia telah berkembang, dari sebelumnya hanya melakukan transaksi penjualan dengan uang tunai, saat ini transaksi jual beli dapat juga dilakukan dengan pembayaran non tunai.

"Alat pembayaran kian semakin canggih, karena itu Bank Indonesia meluncurkan QRIS untuk memberikan kemudahan bagi pedagang dalam melakukan pembayaran," katanya.

Masih kata Hefriansyah, QRIS dapat digunakan oleh pedagang mikro, kecil, dan menengah seperti di pasar tradisional, pasar modern, pedagang keliling, mall, online shop, dan dapat juga digunakan untuk keperluan lain seperti zakat, infaq, dan shadaqah.

"Oleh karena itu, saya mendukung sekali kegiatan edukasi dan sosialisasi QRIS ini, yang ke depan diharapkan mampu meningkatkan transaksi pengguna QRIS di Kota Pematangsiantar dan mampu meningkatkan perekonomian di Kota Pematangsiantar secara luas," tukasnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat, baik konsumen maupun penjual mengenai adanya QRIS sebagai teknologi QR yang mempermudah pembayaran non tunai. Acara tersebut sekaligus meningkatkan penggunaan QRIS di Kota Pematangsiantar.


Tampak hadir, Wakapolres Pematangsiantar Kompol Bonggas Simarmata, Danki Brimob 2 Yon B Pematangsiantar AKP Mukhtar Iswanto Kadoli SIK, Komandan Denpom I/1 Pematangsiantar Letkol CPM Muhammad Choirun SE MH, Plt Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar Kusdianto SH, serta para pimpinan perbankan di Kota Pematang Siantar.

TerPopuler