Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Breaking News, "Positif Covid-19 di Kabupaten Simalungun Bertambah Satu Orang".

Sabtu, 04 April 2020 | 07:49 WIB Last Updated 2020-04-04T14:49:52Z
Foto Bupati Simalungun Gelar Keterangan Pers

Reporter : KH

Simalungun  || Virus Corona atau Covid-19 semakin hari sepertinya semakin menjadi pandemi bagi masyarakat. Pulaknya berbagai sektor kehidupan yang terdampak virus ini sudah menewaskan ribuan orang di dunia. Oleh karena itu berbagai cara pun dapat dilakukan untuk mencegah penyebarannya.

Salah satunya yang kian terlihat dampak nyatanya yaitu di wilayah pemerintahan kabupaten simalungun, dari satu orang yang terindikasi PDP, hari ini pemerintah kabupaten simalungun mendapatkan laporan dari RSUD Perdagangan, bahwa warga yang sudah terjangkit virus ini sudah bertambah yaitu sebanyak tiga orang. Oleh karena itu Pemkab Simalungun pun menghimbauan kepada masyarakat untuk tetap menahan diri di rumah, rajin cuci tangan dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Menurut hasil pemeriksaan paru dan hasil laboratorium oleh tim medis kita, sejauh ini sudah ada empat orang terindikasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," demikian disampaikan oleh Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, JR Saragih, Sabtu (4 April 2020) sekira jam 10.00 wib, di posko tanggap darurat Virus Corona Disease 2019 Jalan Asahan KM 7, Kecamatan Siantar.

Keempat orang tersebut, yakni SS, NS, TJS dan AS. Menurut pendataan tiga positif warga simalungun yakni berinisial SS, NS dan TJS. Sedangkan, satu orang lagi berinisial AS, diketahui warga Aek Natolu, Kabupaten Tobasa.

"Dari total keempat pasien itu, dua diantaranya pasangan suami istri (pasutri). Sedangkan, TJS merupakan menantu dari HP, yang meninggal beberapa hari yang lalu," bilangnya.

Dia juga menyampaikan, sejauh ini pihaknya sudah menurunkan tim kesehatan ke wilayah asal pasien yang positif Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

“Tujuannya supaya kita cepat mengetahui perkembangan Covid-19 dan juga dapat berupaya untuk memutus perkembangan Covid-19 diwilayah kabupaten simalungun ini,” katanya sembari didampingi Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan.

Orang nomor satu di Pemkab Simalungun tersebut juga mengatakan sejauh ini petugas dari Dinas Sosial Simalungun sudah diperintahkan untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu.

"Dan kita juga sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Simalungun, untuk membagikan vitamin kepada masyarakat agar mereka tetap sehat dan PDAM Tirta Lihou segera mengirimkan air bersih ke Nagori Bangun Pane," paparnya.

Tujuannya, lanjut JR, agar tidak terjadi kontak langsung sesama masyarakat dalam mengambil air di bak umum. "Dengan hadirnya alat pemeriksaan kesehatan seperti rapid test (swape) dan alat pendukung liannya, diharapkan kita dapat sesegera mungkin melakukan deteksi dini kepada masyarakat. Dan kita juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menahan diri di rumah, rajin cuci tangan dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat,” ujar Bupati sembari didampingi Sekda, Mixnon A Simamora, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Plt Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih, Plt BPBD Rizal EP Saragih dan Dirut PDAM Betty Sinaga.
×
Berita Terbaru Update