Malaysia Lockdown, 'Puluhan Ribu TKI Pulang Ke Indonesia' -->

Malaysia Lockdown, 'Puluhan Ribu TKI Pulang Ke Indonesia'

Rabu, 01 April 2020, 17:01 WIB
Oleh Red . 01
Foto TKI tiba di pelabuhan Internasioanal Tanjung Balai Karimun

Simalungundelinewstv.com  ||  Semenjak merebaknya Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19. Dikabarkan, puluhan ribu TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal Malaysia pulang kembali ke Indonesia.

Menurut Ketua Gugus Tugas Corona Provinsi Kepulauan Riau, Tengku Arif Fadillah. Hingga sore hari, 31 Maret 2020, tercatat sebanyak 30.101 TKI yang pulang dari Malaysia via pelabuhan yang ada di Kepulauan Riau. Melalui pelabuhan Internasional Tanjung Balai karimun sebanyak 12.710 orang, pelabuhan Harbour Bay kota Batam sebanyak 17.115 orang, pelabuhan Internasioanal kota Tanjung Pinang 230 orang dan pelabuhan Tanjung Uban kabupaten Bintan sebanyak 46 orang. Para TKI yang pulang dari Malaysia ini berasal dari Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Pulau Jawa, Nusa Tanggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Foto Ketua Gugus Tugas Corona Kep. Riau 

Lanjut Tengku, "kedatangan para TKI ini masih terus berlangsung dan bertambah hingga batas waktu yang tidak di ketahui. Hal ini kerena negara Malaysia menetapkan status Lockdown. Untuk mengatasi hal ini, Pak Gubernur sudah minta dukungan kepada Pemerintah Pusat untuk menyiapkan kapal tersendiri. Jika tidak, mau - tidak mau kita pakai kapal dengan kondisi yang ada", Jelas Tengku.

Foto Bupati Karimun

Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Karimun menyediakan 3 (tiga) sekolah sebagai lokasi karantina TKI yang pulang dari Malaysia. Tetapi lokasi karantina ini bukan hanya dipakai untuk para TKI yang pulang dari Malaysia, warga setempat yang dalam status ODP (Orang Dalam Pantauan) juga di karantina di lokasi yang sama. Selain sekolah, Pemerintah Kabupaten Karimun juga menyiapkan asrama haji sebagai tempat penampungan karantina ODP.


Sumber : CNN Indonesia

TerPopuler